Rabu, 06 Januari 2016

Tips Mengobati Darah Rendah Agar Cepat Sembuh

Tips Mengobati Darah Rendah Agar Cepat Sembuh
Tips Mengobati Darah Rendah Agar Cepat Sembuh - Darah rendah adalah keadaan di mana tekanan darah yang dihasilkan dihasilkan jantung saat memompa darah lebih rendah dari tekanan normal.

Jadi setiap jantung memompa darah, jantung akan memberikan tekanan agar darah dapat mengalir ke seleruh tubuh. Saat darah rendah tekanan yang diberikan jantung lebih lemah dari keadaaan normal sehingga darah tidak mengalir ke seluruh tubuh.

Sedangkan pada kasus darah tinggi biasanya disebabkan adanya penyumbatan pada pembuluh darah sehingga jantung berusaha memberikan tekanan lebih besar dari keadaan normal, agar penyumbatan dapat hilang dan darah dapat mengalir.

Gejala Darah Rendah


Tidak semua penderita darah rendah mengalami gejala tertentu, sehingga anda diharuskan mengetahui apa saja gejala darah rendah agar suatu saat bila anda atau anggota keluarga anda mengalami suatu gejala, anda dapat melakukan pertolongan pertama sebelum diperiksa ke dokter.

pusing akibat darah rendah

Berikut ini beberapa gejala darah rendah yang biasa timbul pada penderita darah rendah.
  • Pusing 
  • Lemas
  • Jantung berdebar kencang
  • Detak jantung tidak teratur
  • Mual
  • Pingsan
  • Pandangan buram
  • Kehilangan keseimbangan
Jika anda mengalami gejala di atas  sebaiknya segera duduk atau berbaring, minumlah air putih atau air gula merah untuk meningkatkan darah anda.

Penyebab Darah Rendah


Sebenarnya tekanan darah pada seseorang dapat berubah kapan pun, sesuai kondisi atau kegiatan yang sedang dilakukan dan ini wajar bila terjadi.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tekanan darah seseorang dapat turun yaitu, kondisi cuaca, obat - obatan, dan usia.

Cuaca udara panas biasanya akan membuat tekanan darah seseorang menurun. Orang yang sedang santai atau rajin berolah raga biasanya memiliki tekanan darah lebih rendah dari orang lain.

Selain itu ada beberapa keadaan dimana darah akan menurun, salah satunya saat anda selesai makan, karena darah akan mengalir menuju saluran pencernaan untuk mengolah dan menyerap nutrisi dari makanan tersebut.


Diagnosis Darah Rendah


Mengukur tekanan darah adalah cara yang lebih efektif dan mudah untuk mendiagnosa keadaan tekanan darah seseorang. 

Berikut ini beberapa hal yang wajib di lakukan sebelum proses pemeriksaan tekanan darah agar hasil yang didapatkan lebih akurat.
  • Buang air kecil
  • Istirahat selama 5 menit
  • Pemeriksaan dilakukan sambil dudu dan jangan berbicara.
Selain pengukuran tekanan darah di atas, ada beberapa cara lain untuk mengetahui penyebab darah rendah dan menentukan perawatan yang tepat.
  • Ekokardiogram
Tes ini dilakukan dengan memanfaatkan gelombang suara untuk mengetahui keadaan struktur jantung dan memeriksa fungsinya.
  • Tes Darah
Tes darah dilakukan untuk memeriksa hormon pada darah, dan mengetahui seseorang menderita anemia atau diabetes. 
  • Tes latihan Stres
Tes ini dilakukan dengan membuat kerja jantung semakin berat, agar mudah di diagnosis tekanan darah,  biasanya pasien akan berjalan di treadmil.
  • Elektrokardiogram
Tes ini dilakukan dengan memeriksa struktur jantung, detak jantung, dan suplai oksigen menuju jantung.

Jenis - Jenis  Darah Rendah


Setiap jenis darah rendah mempunyai cara perawatan dan pengobatan masing - masing, sehingga dengan mengetahui jenis darah rendah di bawah ini anda dapat mengetahui pula pengobatan yang harus dijalani.
  • Darah Rendah Postprandial 
Ini terjadi saat seseorang selesai makan, biasanya darah akan turun 20 mmHg. Jenis darah ini ini sangatlah umum dialami oleh mereka yang telah lanjut usia, terutama yang menderita penyakit Parkison. 

Penyebabnya memang belum ditemukan secara pasti, namun mungkin berkaitan dengan kadar karbohidrat yang tinggi.
  • Darah Rendah Ortostatik
Jenis darah rendah yang satu ini umum terjadi saat seseorang  berubah posisi atau bangkit setelah berbaring, biasanya ditandai dengan mata berkunang-kunang. 

Penurunan darah pada kondisi ini biasanya lebih dari 20/10mmHg dan umumnya keadaan ini dialami oleh orang dewasa yang berusia 65 tahun ke atas.
  • Darah Rendah Vasovagal
Keadaan ini biasanya sering terjadi akibat kelamaan berdiri dan biasanya sering terjadi pada anak anak dari pada orang dewasa, misalnya saat upacara.  
  • Darah Rendah Akut
Kedaan ini terjadi saat seseorang kekurangan pasokan darah dan oksigen yang cukup. Kondisi ini biasanya berkaitan dengan shok karena beberapa penyebab tertentu seperti pendarahan jumlah besar, serangan jantung, dehidrasi dan reaksi alergi anafilaksis.
  • Darah Rendah Kronis
Darah tinggi jenis ini biasanya disebabkan oleh kondisi yang sifatnya jangka panjang seperti gagal jantung dan penyakit addison.

Selain keadaan di atas, darah rendah pun dapat di sebakan faktor penggunaan obat seperti obat anemia, hipotiroidisme, dan antihipertensi. Dehidrasi, gangguan ritme jantung dan kemahilan dapat memicu seseorang terkena darah rendah.

Tips Mengobati Darah Rendah


Cara mengobati darah rendah bergantung dengan penyebab darah rendah itu sendiri. Contoh: jika darah rendah diakibatkan gagal jantung, penanganan medis yang diperlukan adalah perubahan gaya hidup agar terhindar dari darah rendah.

Contoh lain: jika seseorang terkena tekanan darah rendah karena mengkonsumsi obat tertentu, biasanya obat tersebut akan diganti dengan obat lain.

Di bawah ini adalah penanganan umum untuk mengobati darah rendah, diantaranya:
  • Minum lebih banyak air untuk menambah volume darah dan mencegah dehidrasi.
  • Konsumsi makanan yang kaya kandungan garam dan zat besi. Khusus untuk yang sudah berusia lanjut, konsultasi lah dahulu dengan dokter untuk menentukan takaran yang pas setiap harinya
  • Jangan berdiri terlalu lama dan saat mengubah posisi lakukan secara perlahan
  • Jangan Minum alkohol
  • Tidur dengan 2-3 bantal agar saat bangun atau berdiri tidak mengalami penurunan darah secara derastis.
  • Mengkonsumsi kopi di pagi hari, namun jangan berlebihan
  • Gunakan stoking kompresi untuk mengurangi pengumpulan darah di tungkai.
Jika darah tinggi yang anda alami menyebabkan gejala-gejala yang cukup mengganggu anda dapat meminta resep dokter untuk meningkatkan kadar darah pada tubuh. 

Pencegahan Darah Rendah


Ada beberapa cara untuk mengurangi resiko terserang darah rendah yaitu dengan menghentikan minum alkohol dan minumlah air putih yang banyak. Bagi anda yang menyukai minuman berkafein hindari lah mengkonsumsi nutrisi ini di malam hari.

Makanlah dengan porsi kecil namun sering, jangan mengkonsumsi makanan dengan porsi besar namun jarang. Dan tingkatkan asupan makanan yang mengandung garam untuk mencegah terserang darah rendah.
http://mitradjaya.com/tentang-glucoberry-dan-cara-pemesanannya/

Demikian ulasan mengenai Tips Mengobati Darah Rendah Agar Cepat Sembuh semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga selalu sehat.

0 komentar:

Posting Komentar