Rabu, 02 Desember 2015

Inilah 4 Pemicu Migrain Dan Cara Mengatasinya

Inilah 4 Pemicu Migrain Dan Cara Mengatasinya - Penyebab migrain sangat beragam, muali dari lingkungan sampai makanan. penyebab itu bisa berbeda - beda tiap individu, sehingga tidak semuanya harus dihindari tapi sebaiknya semua penyebab harus dihindari.

" Bahkan pada individu yang sama, tidak aselalu ada penyebab yang sama dan konsisten. Suatu saat coklat dapat memicu migran, pada saat yang lain tidak " kata Lary Newman, MD, direktur Headache Institute di St. Luke's-Roosevelt Hospital Center.

Bagi yang sering mengalami migrain, Newman menganjurkan untuk membuat diary tentang sakit kepala. Dicatatan tersebut, bisa diketahui apsa saja penyebab migran pada seseorang

Berikut ini adalah pemicu umum penyakit Migrain :

1. Makanan dan Minuman

Menurut National Headache Foundation, makanan yang dapat memicu migrain adalah sebagai berikut :
  • Makanan yang diasinkan, diasamkan, difermentasi
  • Coklat
  • Krim asam
  • Roti sourdough
  • Kacang-kacangan dan selai kacang
  • Buah-buahan beraroma sitrus
  • Kismis, Pepaya, Plum merah
  • Alkohol
  • Kafein yang berlebihan
 2. Menstruasi

Bagi kebanyakan perempuan, siklus menstruasi adalah penyebab sakit kepala termasuk migrain. Biasanya serangan tersebut terjadi saat haid atau sebelum haid. Anjloknya hormon estrogen diduga sebagai pemicu utama. Oleh karena itu, hal yang sama terjadi oleh perempuan yang memasuki masa menopouse.

3. Lingkungan

Bagi sebagian orang mencium farfum yang menyengat dapat memicu terjadinya migran. Ada juga orang yang dapat mengalami migrain saat melihat lampu yang berkelip-kelip. atau sorot matahari disela pepohonan saat mengemudi.

4. Stress

Penyabab umum migrain adalah stress. dan sebaliknya penderita migrain bisa sangat mudah marah secara emosional, gelish, khawatir, sedih, terkejut dan suasana hati yang tidak menentu dapat menyebabkan terjadinya migrain.

Sebaliknya, rasa lega setelah melepaskan kepenatan yang terlanjur berlarut-larut dapat menimbulkan migrain. Gangguan yang disebut weekend headaches ini umumnya dialami para karyawan yang telah sibuk bekerja selama satu pekan.

Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat


Ada banyak sekali obat dengan atau tanpa resep yang dapat meringankan beberapa gejala migren, Namun ada cara untuk meigrain tanpa minum obat Yuk simak baik-baik.

1. Hindari Pemicu Migrain

Pemicu migrain antara lain merokok, terlalu banyak berolahraga berat, perubahan pola tidur, stress dan pemicu lainya yang harus dihindari agar anda terbebas dari penyakit Migrain.

2. Perhatikan Kadar Gula Darah

Penurunan kadar gula darah dapat menyebabkan terjainya migrain karena berpengaruh pada glukosa yang dilepaskan kedalam aliran darah, sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat. makan yang teratur dan jaga pola hidup yang baik.

Pilih makanan dengan kandungan glisemik rendah seperti buah-buahan dan sayuran, keju rendah lemak dan yohurt. Hindari makanan dengan GI tinggi seperti roti putih minuman manis, permen dan kue kering.

3. Periksa Asupan Kafein

Terlalu banyak kafein membuat pembuluh darah disekitar otak menjadi terbatas, yang dapat memicu migrain. Lebih dari 3000 gram kafein atau sama dengan 3 cangkir kopi bubuk atau 5 cangkir kopi instats sehari dapat menimbulkan masalah salah satunya migrain. Coba mengurangi asupan kafein atau lebih baik hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein. Coklat juga mengandung kafein.

4. Penyedap Makanan

Banyak orang yang mengaku sensitif dengan zat aditif makanan seperti MSG (pemanis buatan), Sulfit ( ditemukan dalam anggur), Tartrazine (perwarna kuning yang digubakan pada minuman bersoda) dan Natrium Benzoat (ditemukan pada udang, minuman ringan, margarin, dan permen). zat tersebut dapat membuat sebagian orang yang sesitif dapat membuat migren.

5. Kunyah Jahe

Mengunyah jahe meringgankan mual dan pencernaan yang biasanya menyertai saat migrain. Jahe juga dapat menahan efek dari prostaglandin, yaitu zat yang menyebabkan peradangan pada pembuluha darah di otak dan memicu migrain.

6. Tingkatkan Kadar Serotonin

Studi membuktikan penderita migrain cenderung rendah tingkat serotin. Makanlah makanan yang kaya akan protein seperti ayam, ikan, telur, kalkun, susu, kurma, gandung untuk meningkatkan kadar serotonin.

7. Perbanyak Minum Air

Dehidrasi juga dapat memicu migrain. Jaringan dalam otang terdiri sebagian besar dari air sehingga bila terjadi kekurangan cairan jaringan otak akan menyusut dan menimbulkan nyeri. Minum 1 samapi 2 liter dapat mengurangi keparahan, dan frekuens serangan migrain.

8. Vitamin

5HTP digunakan untuk membuat serotonin sehingga dapat membantu tubuh untuk mengurangi serangan migrain. Butterbur dan Coenzyme Q10 juga diyakini dapat membantu dalam mencegah migrain.

9. Makanan Yang Kaya Magnesium

Kekurang magnesium dapat membuat berkurangnya aliran darah ke otak dan berkurang gula darah, yang kemudian menjadi penyebab migrain. Makanlah makanan yang kaya akan magnesium seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, tomat, biji-bijian, gandum utuh dan lain sebagainya.

10. Yoga 

Yoga dapat mebuat anda menjadi lebih tenang merelaksasi pikiran sehingga tidak mudah stress yang berujung menjadi migrain. Yoga juga dapat meringankan kekakuan pada leher dan bahu sehingga mencegah kambuhnya gejala migrain.

http://obatsakitkepala.wordpress.com/

Itulah ulasan singgat mengenai 4 Pemicu Migrain Dan Cara Mengatasinya semoga bermanfaat dan bagi anda yang sekarang sedang sakit semoga lekas sembuh.

0 komentar:

Posting Komentar