Kamis, 03 Desember 2015

Inilah Penyebab Angin Duduk Dan Cara Pencegahanya

Inilah Penyebab Angin Duduk Dan Cara Pencegahanya - Angin duduk atau biasa disebut angina adalah suatu kondisi dimanan penderita mengalami rasa sakit di daerah dada karena akibat oto jantung kurang menerima pasokan darah. Terganggunya pasokan darah dikarenakan adanya penyempitan pembuluh darah atau pembuluh darah yang mengeras. Serangan angin dudu bisa menyerang diapapun dimanapun dan kapanpun.

Gejala Angin Duduk


Berikut ini adalah beberapa geja;a umum dari angin duduk, diantaranya :
  • Nyeri dibagian dada, yang kemungkinan bisa menyebar kedaerah lengan kiri, rahang, punggung, dan leher.
  • Sesak nafas
  • Mual
  • Tubuh terasa lelah
  • Pusing
  • Mengeluarkan keringat yang berlebihan, dan
  • Gelisah
Segeralah temuai dokter bila anda mendadak sakit dada, walaupun belum tentu sakit dada adalah gejala dari angin duduk, tapi memeriksa kedokter adalah sebuah langkah yang paling aman.

Penyebab Angin Duduk


Agar bekerja dengan baik, Jantung harus mendapat asupan darah yang kaya akan oksigen secara cukup. Darah untuk jantung akan dialirkan melaului 2 pembuluh besar yang dikenal dengan pembuluh darah koroner. Angin duduk terjadi bila terjadi penyempitan 

Sejumlah faktor yang dapat meningkatkan resiko terjadinya angin duduk. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Kolesterol Tinggi
Tingginya kadar kolesterol didalam darah dapat menimbulkan penumpukan kolesterol didalam pembuluh darah.Jika ini terjadi, tentu darah akan sulit untuk mengalr ke jantung. 
  •  Memiliki Penyakit Diabetes
Tingginya kadar gula dalam darah dapat merusak dinding arteri. Selain itu kadar gula yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang dapat menumpuk dalam darah.
  •   Hipertensi
Jika aliran darah terhalang, jantung semakin kuat dalam memompa darah dan meningkatkan tekanan agar darah dapat mengalir ke seluruh tubuh. Inilah proses yang membuat seseorang dapat mengalami tekanan darah tinggi. Tekanan darah yang tinggi dapat merusak dinding arteri dan membuat pumbuluh darah bergeser.
  • Stress
Saat kita mengalami stress, tubuh akan memproduksi sejumlah hormon yang dapat membuat pembuluh darah menyempit. Selain itu, stress juga akan membuat meningkatnya tekanan darah.
  •  Obesitas
Orang yang mengalami obesitas akan rentan sekali mengalami gangguan organ dalam dikarenakan menumpuknya lemak di dalam tubuh. Salah satu gangguan yang akan terjadi pada penderita obesitas adalah hipertensi, kolesterol tinggi, dan angin duduk.
  • Merokok
Aktivitas ini dapat merusak dinding pembuluh darah arteri yang dapat menmbulkan penimbunan kolesterol sehingga darah yang kaya oksigen akan kesulitan saat dialirkan ke seluruh tubuh.
  • Riwayat Keluarga
Jika kita pernah terkena penyakit serangan jantung atau keluarga kita pernah mengalami serangan jantung, maka kita akan beresiko terkena angin duduk.
  • Kurang Berolah Raga
 Orang yang kurang berolah raga akan sering terkena penyakit. Karena tumpukan energi yang ada dalam tubuh bila tidak dipakai malah akan berakibat buruk pada tubuh. Orang yang kurang berolah raga rentan sekali terkena obesitas, kolesterol tinggi, angin duduk, diabetes, dan hipertensi.
  • Umur
Orang yang berusia lanjut akan lebih terkena angin dudu terutama pada pria. Pada pria peningkatan resiko dimulai saat usia 45 tahun, sedangkan pada wanita dimulai saat usia 55 tahun.

Pencegahan Angin Duduk


Langkah pencegahan angin duduk hampir sama dengan pengobatan awal angin duduk tanpa obat, yaitu dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Selain mencegah terjadinya angin duduk pada orang yang belum mengalaminya, pola hidup sehat dapat mengurangi keparahan gejala angin dudu pada penderitanya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk mencegah angin dudu, diantaranya :
  • Berolahraga
Ada bisa memulai berolah raga dengan berolahraga yang ringan seperti bersepeda, berjalan atau berenang. Selain dapat menurunkan berat badan, olah raga tersebut dapat memperlancar aliran darah, sehingga jantung dan pembuluh darah koroner tetap sehat.
  • Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat Untuk Jantung
 agar anda dapat beraktivitas dengan baik, anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat bagi jantung. Makanan yang sehat untuk jantung harus makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum. Selain serat makanan yang kaya akan lemak tak jenuh juga baik untuk jantung, karena lemak tak jenuh akan membantu menurunkan penyumbatan pada pembuluh darah. Beberapa contoh makannan yang emngandung lemak tak jenuh, diantaranya salmon, tuna, yahu, kacang almond, minyak zaitun, dan buah avokad.
  • Hindari Makanan Yang Berbahaya Bagi Jantung
Agar terhindar dari angin duduk, hindarilah makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Takaran garam yang direkomendasikan untuk kesehatan adalah satu sendok teh setiap hari. Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat membuat anda terkena hipertensi. Selain garam, waspadai juga makanan yang terlalu banyakmengandung lemakjenuh, seperti jeroan, gorengan, keju, santan dan mentega. Lemak jenuh dapat pengendap didalam pembuluh darah arteri dan membuat terhambatnya aliran darah keseluruh tubuh.
  • Menjaga Berat Badan
Berat badan yang sehat harus dipertahankan. Karen bila tidak tubuh akan mengalami obesitas., jantung akan lebih sulit mengalirkan darah sehingga tekanan darah akan meningkat dan akhirnya dapat memicu angin duduk.
  • Berhenti Merokok
Zat yang terkandung dalam roko dapat menghambat artei mengalirkan darah sehingga membuat tekanan darah naik. Jika kondisi ini terjadi bukan hanya angin duduk yang dapat menyerang anda stroke dan jserangan jantung berpotensi menyerang anda.
  • Berhenti Minum Minuman Keras
Kandungan kalori didalam minuman keras sangat tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan. mengkonsumsi Minuman Keras dapat membuat anda terkena obesitas dan hipertensi yang memicu angin duduk.

keterangan lebih lanjut klik gambar 


Demiakian ulasan singkat mengenai Penyebab Angin Duduk dan Pencegahanya. Selayaknya kita lebih cermat dalam menjaga kesehatan karna kesehatan harganya sangat mahal bahkan tidak dapat kita beli, maka dari itu menjaga kesehatan menjadi hal yang wajib.


0 komentar:

Posting Komentar