Kamis, 17 Desember 2015

Kenalilah Gejala Awal Serangan Stroke Segera!!!

Kenalilah Gejala Awal Serangan Stroke Segera!!! - Stroke adalah gangguan fungsi otak secara mendadak dikarenakan penyempitan pembuluh darah keotak sehingga otak tidak mendapat asupan darah dan oksigen yang cukup, dan dapat menyembabkan kematian pada penderitanya. Umumnya stroke dapat dikenali dengan tanda timbulnya gangguan syaraf fokal maupun global, yang berlangsung selama kurang lebih 24 jam. Di Indonesia dilaporkan bahwa stroke menjadi penyebab 15,4% kematian dari total kematian dikarenakan penyakit lain. Ebanyak 2,5% penderita stroke meninggal dunia, dan sisanya mengalami kelempuhan yang bervariasi.

Gejala Stroke

Stroke dapat muncul kapan saja, dimanan, saja dan pada siapa saja, Baik menyerang ke seorang yang sedang istirahat maupun yang sedangan beraktivitas, bahkan terkadang stroke dapat timbul tanpa gejala sehingga kondisi sebelumnya benar-benar normal.

Gangguan syaraf fokal ditandai dengan gejala seperti bentuk wajah yang asimetris, lengan atau tukai menjadi lemah, dan berbicara menjadi cadel.Kelemahan pada tukai bisanya hanya menyerang pada sebagian tubuh saja, kanan atau kiri dan jarang sekali terjadi pada dua sisi tubuh.  Gangguan ini disebabkan oleh kerusakan setempat pada area ganglia basalis dimana terdapat banyak serabuit syaraf motorik yang berfungsi mengerakan otot pada tubuh kita. Sedangkan gangguan syaraf global terjadi dikarenakan gangguan pada area ARAS (Ascending Reticular Activating System), yaitu are otak yang mengatur kesadaran. Gangguan Aras bisa disebabkan oleh kerusakan setmpat atau naiknya tekanan darah di tengkorak.
Seseorang dapat disebut menderita stroke bila mengalami gangguan syaraf  selama lebih dari 24 jam. Bila gangguan syaraf tersebut berlangsung  kurang dari 24 jam makan keadaan tersebut merupakan suatu Transient Ischemik Attack (TIA) atau yang lebih dikenal dengan stroke ringan.Perlu anda ingat bahwa TIA merupakan suatu faktor terjadi nya stroke dikemudian hari., sehingga keadaan ini tak bisa anda abaikan begitu saja.

Gangguan klinis murni pada stroke adalah karena adanya gangguan pada pembuluh darah ke otak, perupa pecahnya pembuluh darah atau karena adanya penyumbahatan pembuluh darah ke otak, dan bukan karena penyakit lain seperti gangguan syaraf perifer, tumor otak maupun infeksi otak. Faktor-faktor yang biasa menyebabkan gangguan pada pembuluh darah adalah, kolesterol, kencing manis, dan hipertensi.

Kenali Segera Tanda Awal Stroke

Stroke merupakan suatu keadaan darurat yang terjadi pada bagian syaraf. Bila tidak segera ditangani atau melakukan pengobatan maka stroke dapat menyebabkan kecacatan bahkan kematian.. Bagaimana cara termudah agar dapat memastikan bahwa seseorang terkena stroke?. Pertanyaan ini sering timbul dalam benak orang awam saat mendengar kata stroke.Tidak jarang keluarga pasien tidak mengetahui bahwa diantara mereka ada yang menderita stroke sehingga terlambat dibawa kerumah sakit.

Dalam kasus stroke, ada suatu istilah yaitu Time Is Brain, waktu adalah otak. Dan memang benar bila seseorang terlambat mendapat penanganan semakin lama jaringan di otak akan semakin rusak secara permanen, sehingga kecacatan yang dialami semakin berat.


Jadi bila anda atau keluarga anda mengalami suatu gejala yang mirip atau memang sama dengan kasus diatas maka segeralah periksa kedokter untuk memastikan penyakit apa yang anda alami, sebelum anda menyesal dikemudian hari. Demiakian ulasan mengenai  Kenalilah Gejala Awal Serangan Stroke Segera!!! semoga bermanfaat dan sehat selalu

0 komentar:

Posting Komentar