Kamis, 31 Desember 2015

Manfaat Minum Air Putih Untuk Mengobati berbagai Penyakit

Manfaat Minum Air Putih Untuk Mengobati berbagai Penyakit - Air adalah zat terpenting di dalam tubuh, karena hampir 80% tubuh manusia terdiri dari cairan. Jadi apa saja manfaat minum air putih? dan Berapa banyak air yang harus diminum setiap harinya ?

Manfaat Air Putih


Selain dapat menghilangkan haus dan mencegah dehidrasi. Air juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya:
  • Meningkatkan ketajaman otak
  • Mengurangi stress dan depresi
  • Mengeluarkan toksin (racun) didalam tubuh
  • Mengontrol kadar kalori tubuh
  • Mengurangi berat badam
  • Menyehatkan kulit
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Mencegah dan mengobati berbagai penyakit diantaranya : asma, sakit kepala, bronkhitis, darah tinggi, kurang darah, kencing manis, paru-paru, TBC, radang otak, batu ginjal, haid tidak teratur, dll.
Lalu berapa banyak air yang harus diminum ?

Kardilog dari Amerika Dr. James M.Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit 1 liter lebiih banyak dari rasa haus tubuh kita. Dr. james juga menyarankan orang yang berada di ruangan ber-AC untuk minum lebih banyak karena udara dingin membuat tubuh lebih mudah dehidrasi. Orang dewasa disarankan untuk minum air putih 1200-2000cc. Jika disesuaikan dengan postur tubuh, dan perubahan cuaca dibutuhkan sekitar 6-10 gelas ukuran 200cc, atau rata-rata 8 gelas sehari.

Formula Kebutuhan Air


Beberapa ahli memberikan formula  untuk kebutuhan air tiap harinya sebagai berikut:

Jumlah air minum dalam sehari = (40 x berat badan) + 500 ml

Contoh : Berat badan anda 60 kg, maka jumlah air yang harus diminum setiap harinya = (40 x 60)+500 ml =  2900ml
Teori pergantian menyebutkan bahwa tubuh memerlukan air sebanding dengan air yang dikeluarkan tubuh tiap hari. Rata-rata orang dewasa mengeluarkan urine sekitar 1, 5 liter setiap harinya. Setiap harinya juga kita kehilangan air sekitar 1 liter air melalui keringat, pernapasan, dan feses. Makanan menyumbang 20 % darei kebutuhan air tiap hari, makan minum 2 liter atau 8 gelas sehari sudah cukup untuk mengganti air yang dikeluarkan tubuh tiap hari.

Cara lain untuk mengetahui bahwa kita sudah cukup minum air adalah bila kita jarang haus dan memproduksi 1-2 liter urine yang tidak berwarna atau agak kuning.

Tips sehat Minum Air

  • Biasakan minum dipagi hari setelah bangun tidur
  • Jangan minum terlalu berlebihan dan jangan kekurangan
  • Biasakan minum sehabis buang air kecil
  • Minum air dengan jumlah sedikit namun sering dan jangan minum berlebihan dalan satu kali tegukan karena dapat memberatkan kerja jantung dan ginjal
  • Bagi anda yang sedang berpuasa, usahakan untuk minum yang cukup saat sahur dan berbuka
Dr. Mc Cartney dari Britis Medical Journal memperingatkan bahwa minum air secara berlebihan dapat menyebabkan situasi yang sangat fatal yang disebut hiponatremia, yaitu kadar garam tubuh menurun dan dapat menyebabkan pembengkakan pada otak. Selain itu, untuk beberapa kondisi tertentu seperti kelainan jantung dan beberapa penyakit ginjal, hati atau penyakit adrenal lainya dapat mengganggu ekskresi air. Oleh sebab itu, minumlah dalam batas kewajaran dengan pola yang seimbang dan sehat.

Demikian ulasan singkat mengenai Manfaat Minum Air Putih Untuk Mengobati Berbagai Pernyakit semoga bermanfaat dan sehat selalu.

0 komentar:

Posting Komentar