Minggu, 24 Januari 2016

Pengertian Lengkap Mengenai Penyakit Diabetes [Kencing Manis]

Pengertian Lengkap Mengenai Penyakit Diabetes [Kencing Manis]
Pengertian Lengkap Mengenai Penyakit Diabetes [Kencing Manis] - Semua sel di dalam tubuh ini tentu sangat membutuhkan glukosa sebagai salah satu sumber energi. Kada gula dalam dara di kendalikan oleh suatu hormon yang kita kenal sebagai hormon insulin.

Jika dalam tubuh mengalami penurunan insulin atau tubuh menjadi tidak peka dengan insulin, maka tubuh akan mengalami suatu keadaan di mana kadar gula darah menjadi tinggi. Inilah yang terjadi pada kondisi tubuh penderita Diabetes.

Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang di tandai denga kadar gula yang tinggi di atas normal.

Penderita Diabetes Di Indonesia

Pada tahun 2013 penderita diabetes di Indonesia berkisar 8,5 juta orang dengan usia sekitar 20-79 tahun. Namun kurang dari 50% dari penderita diabetes menyadari hal itu.

Asia Tenggara adalah salah satu wilayah dengan penderita diabetes tipe 1 terbanyak . Ada sekitar 111.500 anak di bawah usia 15 tahun menderita diabetes tipe 1 dengan perkiraan 18.000 kasus tiap tahunnya.

Sedangkan pada tahun 2015 sesuai tabel diatas diperkirakan pendeita diabetes tertinggi di Indonesia adalah mereka yang berusia 60 - 69 tahun dengan angka sekitar 15 % dari seluruh penduduk Indonesia.


Jenis Diabetes

Jenis penyakit diabetes secara umum dibedakan menjadi 2 tipe yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.
  • Diabetes tipe 1
Penderita diabetes tipe 1 sangat berkantung dengan hormon insulin. Diabetes tipe ini biasa di sebut diabetes remaja karena penderita nya adalah mereka yang berusia di bawah 40 tahun atau pada masa remaja.

Pada penderita diabetes organ prankeas tidak memproduksi hormon insulin sehingga penderita harus menerima suntikan hormon insulin agar dapat mengendalikan kadar gula dalam darah.

Selain menerima suntikan insulin, penderita diabetes tipe 1 harus menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan agar tetap sehat dan berolah raga secara teratur. Selain itu penderita diabetes tipe 1 harus rajin memeriksa kadar gula darah agar dapat di kontrol.
  • Diabetes tipe 2
Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang sering terjadi dan sekitar 80% penderita diabetes menderita diabetes tipe ini.

Diabetes 2 terjadi akibat tubuh mengalami penurunan produksi Insulin dalam tubuh sehingga fungsi insulin kurang maksimal atau tubuh menjadi kurang feka terhadap hormon insulin. Reaksi mengenai kurang pekanya tubuh terhadap hormon insulin di kenal dengan nama Resistensi Insulin.

Jenis ini lebih sering menyerang mereka yang berusia diatas 40 tahun. Tetapi akhir-akhir ini penderita diabetes jenis ini berusia muda. Diabetes tipe 2 lebih sering di alami mereka yang ber-etnis Asia dibanding dengan etnis lainya.

Diabetes Yang Dialami Oleh Ibu Hamil

Diabetes bisa juga menyerang ibu hamil. Ini terjadi karena wanita yang sedang hamil sering kali mengalami kadar gula yang tinggi sehingga tubuh kurang memproduksi insulin untuk menyerap gula dalam darah.

Jenis diabetes ini bisa dialami sekitar 1 orang dari 20 ibu hamil dan umumnya dapat sembuh setelah sang bayi lahir. Tetapi resiko mengidap diabetes tipe 2 akan lebih tinggi 3 kali lipat pada ibu yang pernah mengalami diabetes pada masa kehamilan dibanding yang tidak mengalami.

Diabetes kehamilan dapat meningkatkan terjadinya komplikasi pada janin. Karena itu pada ibu hamil sangat penting untuk selalu menjaga keseimbangan gula darah.


Materi Lengkap Mengenai Penyakit Diabetes
Ketahuilah Penyebab Penyakit Diabetes Sebelum Anda Menyesal

Pada bagian ini kita akan membahas mengenai penyebab penyakit diabetes secara lengkap dan detil.

http://caraterbaikmengobatipenyakit.blogspot.com/2016/01/penyebab-penyakit-diabetes.html

Gejala Penyakit Diabetes Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Terlambat

Pada bagian ini kita akan membahas mengenai gejala penyakit diabetes secara lengkap dan detil.  
http://caraterbaikmengobatipenyakit.blogspot.com/2016/01/gejala-penyakit-diabetes.html


Cara Mendiagnosis Penyakit Diabetes

Pada bagian ini kita akan membahas mengenai diagnosis penyakit diabetes melalui beberapa cara yang sering dilakukan dokter secara lengkap dan detil. 

http://caraterbaikmengobatipenyakit.blogspot.com/2016/01/komplikasi-penyakit-diabetes.html


Cara Mengobati Penyakit Diabetes Dengan Bahan Tradisional

Pada bagian ini kita akan membahas mengenai pengobatan penyakit diabetes dengan bahan bahan alam secara lengkap dan detil.
http://caraterbaikmengobatipenyakit.blogspot.com/2016/01/cara-mengobati-penyakit-diabetes-secara-tradisional.html 




Cara Jitu Mengobati Penyakit Diabetes Tanpa Kambuh Lagi

Pada bagian ini kita akan membahas mengenai cara jitu bagi anda yang ingin sembuh dari penyakit diabates. Insya Allah dengan menerapkan cara ini anda dapat cepat sembuh.
http://caraterbaikmengobatipenyakit.blogspot.com/2016/01/cara-jitu-mengobati-penyakit-diabetes.html 





7 komentar:

  1. Terimakasih ini artikelnya ane jadi paham dengan macam-macam diabetes. Soalnya ane takut banget kalau kadar gula ane tinggi sementara ane gag tahu

    BalasHapus
  2. ngeri kalo kena diabetes, jadi lebih hati2 makan makanan yang manis. artikelnya bagus gan menambah pengetahuan soal diabetes

    BalasHapus
  3. Kalau tahu penyakit ini kan bisa dicegah dari awal, semoga bisa membantu kehidupan saya min, karena ibu saya juga lagi berpotensi dengan penyakit ini. sedih jadinya

    BalasHapus
  4. dari pembelajaran materi ini saya bisa lebih tau tentang jenis diabetes. dan bisa mencegah kemungkinan diabetes pada keluarga..

    BalasHapus
  5. Semoga Alloh memberikan kesehatan kepada kita Gan

    BalasHapus
  6. Cukup lengkap dan dimengert, penyakit ini termasuk penyakit yang tidak bisa disepelekan. justru berawal dari hal yang disepelekan akan berdampak besar... sukses terus!

    BalasHapus
  7. saya jadi sedikit lebih ngerti tentang Diabetes
    Makasi info nya

    BalasHapus