Senin, 25 Januari 2016

Ketahuilah Penyebab Penyakit Diabetes Sebelum Anda Menyesal

Ketahuilah Penyebab Penyakit Diabetes Sebelum Anda Menyesal - Diabetes adalah kondisi di mana tubuh tidak memproduksi insulin yang cukup atau tubuh menjadi kurang peka terhadap insulin. Ini dapat mengakibatkan kadar gula dalam darah menjadi tidak terkontrol dan menimbulkan gejala diabetes.

Penyebab Diabetes

1. Diabetes Tipe 1

 Penyabab Diabetes tipe 1

Saat makan, makanan yang kita makan akan dicerna oleh sistem pencernaan untuk diambil nutrisinya. Lalu pankreas akan memproduksi insulin yang akan menyerap glukosa dalam darah da disalurkan ke semua sel untuk digunakan sebagai sumber energi.

Pada kasus Diabetes tipe 1, organ pankreas tidak bisa memproduksi insulin sehingga kadar gula di dalam darah menumpuk dan tidak bisa dipindahkan ke seluruh sel sebagai sumber energi.

Pada umumnya sistem imun tubuh akan menjaga tubuh dan akan melawan apa saja yang dianggap asing. Pada kasus diabetes 1 sistem imun tubuh keliru dan menyerang sel pankreas sehingga produksi insulin menjadi terhenti. Ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh menganggap pankreas membahayakan tubuh.

Pemicu reaksi ini belum diketahui secara pasti. Namun para peneliti menduga penyebabnya adalah faktor keturunan atau adanya infeksi virus.

Seseorang akan memiliki resiko yang tinggi menderita penyakit ini bila di dalam anggota keluarga pernah tercatat menderita penyakit diabetes tipe 1. Sedangkan pada keluarga yang belum pernah menderita diabetes tipe 1 resiko akan sangat kecil.

2. Diabetes Tipe 2

 Penyabab Diabetes tipe2

Diabetes 2 terjadi dikarenakan pankreas tidak cukup memproduksi insulin sehingga tubuh tidak dapat mengontrol gula dalam darah. penyebab lainya bisa dikarenakan tubuh menjadi tidak peka terhadap insulin. Kondisi ini biasa disebut sebagai Resistensi Insulin.
  • Faktor Usia
Resiko terserang diabetes akan semakin tinggi seiring bertambahnya usia. Ini terjadi dikarenakan berat badan cenderung meningkat seiring bertambahnya usia dan frekuesi olah raga berkurang saat usia semakin tua.

Diabetes tipe ini sering dialami oleh mereka yang berusia di atas 40 tahun. Orang yang ber-etnis Asi juga memiliki resiko terkena penyakit ini di usia lebih muda.
  • Faktor Keturunan 
Memiliki anggota keluarga yang pernah tercatat mengalami penyakit ini dapat meningkatkan resiko anda terkena diabetes tipe 2. Resiko anak dengan ayah dan ibu kandung penderita diabetes tipe 2 adalah 1/3 lebih tinggi untuk terserang diabetes.
  • Faktor Berat Badan
Lemak yang menumpuk di sekitar perut dapat melepaskan senyawa kimia yang dapat mengacaukan sistem kardiovaskular dan metabolisme tubuh. Inilah yang akan meningkatkan resiko terserang penyakit serangan jantung dan stroke dan beberapa jenis kanker.

 Kondisi berat dapat ditentukan dengan indeks massa tubuh 30 atau lebih. Seseorang akan memiliki resiko terserang diabetes bila mengalami kondisi tersebut akibat menumpuknya lemak.

Mengukur pinggang dan kadar lemak tubuh merupakan cara cepat untuk mengukur resiko diabtes. Yang memiliki resiko terkena diabetes tipe 2 adalah :
  • Wanita dengan ukuran pinggang 80 cm atau lebih
  • Pria Asia dengan ukuran pinggang 90 cm atau  lebih
Jika anda mengalami kondisi di atas sangat disarankan untuk menurunkan berat badan sebanyak 5 % dan rutin untuk berolah raga. Cara ini dapat menurunkan resiko anda terkena diabetes.
  • Faktor Etnis
Resiko terserang diabetes tipe 2 lebih tinggi pada orang yang ber-etnis Asia. Selain itu masalah komplikasi seperti serangan jantung lebih tinggi pada orang ber-etnis Asia di usia muda.
  • Faktor Lain
Resiko diabetes tipe 2 dapat meningkat pada seseorang yang mengalami gangguan glukosa puasa (IFT) dan gangguan toleransi glukosa (IGT). Kedua kondisi ini sering disebut sebagai pra-diabtes yang terjado akibat kadar gula tinggi melebihi normal namun belu sampai ke tahap diabetes. IFT dan IGT harus di waspadai karena dapat memicu diabetes.

 




3 komentar:

  1. makasih infonya mas, om saya jg sakit ini. boleh dicoba nih

    BalasHapus
  2. betul sekali, pola makan dan olah raga yang teratur menjadi faktor utama yang menyebabkan diabetes, jika pola makan kita diatur dan diimabangi dengan olah raga yang cukup insya Allah terhindar dari diabetes... artikelnya bermanfaat...

    BalasHapus